Download this Blogger Template by Clicking Here!

Ad 468 X 60

Jumat, 14 Juni 2013

Widgets

Tips Cara Memperbaiki Monitor CRTTVM 14' Analog - Layar buram

Sebelum Saya membahas cara memperbaiki Monitor CRT TVM 14" ANALOG Layar Buram, maka terlebih dahulu Saya akan membuat definisi dari 4 kerusakan Monitor CRT yang umum terjadi, yaitu :



1. Layar Monitor CRT Gelap Total
Layar Monitor benar-benar tak ada Raster sama sekali



2. Layar Monitor CRT Sangat Gelap
Layar Monitor masih memiliki Raster apabila SCREEN di Trafo Fly Back diperbesar (diputar menggunakan obeng)



3. Layar Monitor CRT Buram
Layar Monitor masih normal kecuali warnanya buram sehingga warna putih jadi agak kecoklatan



4. Layar Monitor CRT Berwarna Kuning
Layar Monitor CRT kehilangan warna biru



OK, sekarang di hadapan Saya Monitor CRT TVM 14" ANALOG yang warna layarnya agak buram (kecoklatan).  Monitor ini usianya sudah lebih dari 10 tahun namun masih berfungsi dengan baik karena hampir semua elko yang penting sudah Saya ganti dengan yang baru.  Sehari-hari Monitor ini Saya gunakan untuk menonton TV.



Mula-mula Saya telefon Tukang Service TV, tetangga Saya, yang pada intinya ia menyarankan agar Saya mencari dan mengganti elko 470uF/16v.  Prinsip ini juga berlaku untuk Monitor CRT Digital.



Setelah petunjuk didapat maka selanjutnya Saya membuka Case Monitor dan mencari keberadaan elko 470uF/16v.  Sekadar informasi di dalam Monitor CRT ada 2 buah PCB yaitu PCB Besar/Utama (Mainboard) dan PCB Kecil.  PCB Kecil terletak menempel di ujung Tabung CRT Monitor.  PCB Kecil inilah yang disebut Blok RGB (Blok Video).



Nah, antara PCB Besar/Utama (Mainboard) dan PCB Kecil dihubungkan dengan kabel oleh (setidaknya) 2 buah Power Connector, yaitu :



1. Power Connector ke-1, biasanya diberi elko 470uF/16v



Terdiri dari 5 kabel, yaitu :

1. Hitam
2. Hijau
3. Kuning
4. Biru
5. Orange (+12v)



2. Power Connector ke-2, biasanya diberi elko 1uF/50v



Terdiri dari 6 kabel, yaitu :

1. Kuning (SDA)
2. Orange Muda (SCL)
3. Orange (SYN GND)
4. Hitam (O/R)
5. Coklat (HSync)
6. Putih (VSync)



Selanjutnya Saya mengganti elko 470uF/16v yang letaknya di PCB Besar/Utama (Mainboard), dengan yang baru dan melakukan pengujian dengan menghidupkan Monitor dan hasilnya ... jreeng ... sepertinya Raster nya sudah berwarna putih.






Agar lebih yakin maka Monitor sebaiknya dihubungkan dengan Komputer.  Selanjutnya Saya menghidupkan Komputer dan hasilnya ... sukses ... layar Monitor yang tadi warna putih nya agak kecoklatan, kini kembali putih berseri-seri.

 

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →

0 komentar: